Contact Person 5373710c
Klik Fb

Monday, October 3, 2016

Puasa Sunah Arafah

Puasa Sunah  Arafah, Puasa Satu Hari Sebelum menyembelih hewan kurban atau Idhul Adha



Puasa yang pahalanya tak kalah dengan puasa ramadhan adalah puasa tanggal 9 dzulhijjah, atau dinamakan puasa arofah, yaitu puasa yang dilaksanakan 1 hari sebelum penyembelihan hewan kurban, waktu dimana orang-orang yang melakasanakan haji sedang melaksanakan wukuf diarofah, pahalanya orang yang wukuf diarofah yaitu diberikan pengampunan dosa walaupun sebanyak rintikan hujan atau sebanyak hitungan hari didunia, untuk itu dianjurkan berpuasa dihari arofah, pahala yang Allah berikan tidak kalah dengan wukuf di Arofah.

Perhatikan dalil berikut :

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ
Nabi Muhammad SAW bersabda : Puasa satu hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Puasa hari ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya.” (HR. Muslim 1162)

Untuk itu sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja, padahal kalau dihitung-hitung sudah berapa banyak dosa kita dalam setahun, atau bisa diibaratkan dengan banyaknya pasir dilautan, rintikan hujan atau sebanyak buih dilautan.? semua dosa dalam setahun itu hilang dengan puasa sehari saja, tentunya tidak untuk dosa dosa Had (dosa besar). Semoga kita diberi kesempatan oleh Allah SWT bisa melaksanakan ibadah dengan lancar dan barokah, aamiin.

0 comments:

Post a Comment